Inggris mengalahkan Panama untuk lolos ke Piala Dunia 16 besar

Inggris lolos ke babak 16 besar Piala Dunia dengan kemenangan telak 6-1 atas Panama Minggu di Nizhny Novgorod yang membengkak.

Harry Kane mencetak gol untuk hat-trick, John Stones meraih untuk memperkuat sementara Jesse Lingard juga mendapat namanya di lembar penilaian sebagai Inggris dibongkar lawan Amerika Tengah.

 

Hasilnya berarti Panama keluar dari debut Piala Dunia di babak penyisihan grup dengan satu pertandingan masih dimainkan – meskipun ada penghiburan yang cukup besar dari gol pertama di turnamen itu, kehormatan itu jatuh ke bek 37 tahun Felipe Baloy.

Untuk Inggris, itu adalah pertama kalinya mereka mencetak empat atau lebih gol dalam pertandingan Piala Dunia sejak final 1966 melawan Jerman Barat.

Sisi Gareth Southgate sekarang akan berjalan kaki dengan Belgia untuk melihat siapa yang memuncaki Grup G pada Kamis.

Sebagian besar membangun di Inggris telah difokuskan pada hubungan antara tim dan media di negara itu. Gambar yang diambil pada sesi pelatihan terbuka muncul untuk menunjukkan catatan yang dipegang oleh asisten Inggris yang mengungkapkan tim Minggu.

Manajer Inggris Gareth Southgate mempertanyakan apakah pers Inggris benar-benar ingin membantu pihaknya atau lawannya. Meskipun, saya kemudian mengatakan bahwa saya mengerti media berada dalam haknya untuk melaporkan berita.

Pelatih Panama, Hernan Dario Gomez, tidak memiliki kualifikasi seperti itu untuk mengungkapkan pemikirannya untuk pertandingan hari Minggu. Gomez menamai starting line-up 24 jam sebelumnya.

“Los Canaleros” (The Canal Men) menderita kekalahan 3-0 dalam pertandingan pembukaannya di Belgia. Dan tampak bersemangat untuk menunjukkan lawannya yang lebih termasyhur, itu bukan sentuhan lembut.

Anibal Godoy memiliki pandangan tujuan awal tetapi tidak bisa menahan tembakannya ketika kesempatan itu muncul dengan sendirinya di tepi area penalti Inggris.

Tetapi optimisme awal itu tidak akan berakhir karena pintu air segera terbuka di ujung lapangan.

Stones menemukan dirinya terbuka lebar di titik penalti Panama dari sudut setelah delapan menit dan bulleted ke header rendah melewati penjaga gawang Jaime Penedo.

Tak lama, itu dua saat Lingard turun di kotak di bawah tekanan dari Roman Torres dan Fidel Escobar. Wasit Ghead Grisha menunjuk ke titik dan Harry Kane menghancurkan bola melewati Penedo.

Lingard membuatnya tiga pada 35 menit, meringkuk rumah dari tepi kotak. Stones kemudian selesai untuk tendangan bebas pintar untuk Inggris keempat.

Dan sebelum Panama bisa melarikan diri pada akhir periode pertama yang terik, Kane telah membuatnya lima. Striker Tottenham memecat rumah penalti lain setelah berjuang tanpa basa-basi ke tanah di kotak oleh Godoy.

Rekor kemenangan final Piala Dunia tetap 10-1 melawan El Salvador di Hongaria pada tahun 1982. Namun, skor tersebut sepertinya berada di bawah ancaman mengingat suasana menyerang yang ada di Inggris, bersekutu dengan kemurahan hati defensif lawan-lawannya.

Sayangnya, Inggris melepaskan kakinya dari gas pada periode kedua. Kane beruntung untuk mengamankan hat-tricknya karena tembakan Ruben Loftus Cheek dibelokkan dari tumit striker dan melampaui Peneda yang tak berdaya. Namun demikian, ada satu putaran terakhir saat Panama mencetak gol penghiburan dan gol pertamanya di putaran final Piala Dunia.

Felipe Baloy membentang untuk membimbing umpan silang Ricardo Avila melampaui Jordan Pickford di gawang Inggris. Sementara itu berarti sedikit dalam konteks permainan, itu berarti banyak untuk para penggemar yang hadir yang dengan bangga merayakan hasil akhir.