Seumur hidup pesawat terbang: dari lahir sampai mati

Kita semua akrab dengan visi pesawat terbang yang terbang di langit, tapi seperti apa pesawat terbang ketika dirakit?

Dan apa yang terjadi ketika mereka dihancurkan dan dibongkar untuk besi tua?

Penasaran? Mike Kelley juga. Fotografer udara menyewa sebuah helikopter dan membuat serangkaian tembakan yang mengikuti siklus hidup pesawat dari Boeing Field ke pemotongannya di gurun California.

Gambar-gambar yang mencolok ini menjadi dasar dari seri fotografi terbarunya, “Life Cycles”.

“Yang paling menarik saya adalah membalikkan persepsi kita tentang melihat pesawat terbang,” kata Kelley.

Bandar Udara Internasional Angeles, atau LAX. Penggemar penerbangan sangat tertarik untuk menyaksikan sisi dari pusat transportasi yang biasanya tidak dilihat oleh penumpang biasa.

“Jika Anda melihatnya dari atas, dari bawah, dari awal, Anda melihat infrastruktur yang sangat menarik ini dan semua proses yang Anda terima begitu saja,” kata Kelley.

Beberapa jam berlalu LAX memungkinkan Kelley untuk membuat gambar yang menarik yang mengungkapkan pesawat warna mencolok yang tersebar di seluruh bangunan terminal industri.

Kelley mengambil foto-foto dari dalam helikopter sewaan, dengan pintu keluar, di atas bandara yang ramai di bawah.

Akses internal ini memungkinkan beberapa sudut luar biasa.

“Anda bisa terbang di atas rel di mana pesawat mendarat, tetapi mereka juga lepas landas, dan ada ruang di mana Anda bisa terbang,” ia menjelaskan.

Pengalaman menarik di LAX mengarah pada gagasan “Siklus Kehidupan”. Kelley memutuskan untuk memotret pesawat di tahap lain dalam hidupnya.

“Itu tidak dimulai sebagai ide siklus kehidupan, tetapi dikatakan:” Saya mengatakan bagaimana mendinginkan LAX, “katanya.

Ide mendokumentasikan pesawat terbang dari konsepsi hingga kehancuran memiliki simetri yang menarik.

“Anda memiliki seluruh busur sejarah untuk semuanya,” jelas Kelley.

Penasaran dengan melihat pesawat di tahap akhir keberadaan mereka, fotografer menyewa sebuah helikopter dan menuju ke galangan kapal pesawat di padang pasir California.

Kelley tidak tahu apa yang diharapkan, ingat, dan dia sadar bahwa misi yang mahal ini dapat memberi perhatian pada hasil yang mengecewakan. Setelah tiba, ia terkesan oleh pola tak terduga yang diciptakan oleh pesawat yang sudah pensiun.

“Anda memikirkan tempat barang rongsokan seperti di tempat yang kotor dan kotor ini, tetapi di semua bidang ini, ada simetri menakjubkan ini, dan ini berulang, serta pola dan irama semuanya,” katanya.

Foto-foto seram mereka menunjukkan pesawat terkutuk selaras dan siap untuk robek. Tembakan lainnya menunjukkan sisa-sisa pesawat yang terpotong-potong.

Sebaliknya, gambar yang diambil Kelley dari pesawat terbang yang dibuat di Boeing Field di Seattle lebih hingar bingar, mewakili instalasi yang ramai.

“Mereka menjadi semakin lebih simetris karena pesawat semakin dekat dan dekat dengan kematian, yang sekali lagi kebalikan dari apa yang orang akan berpikir akan terjadi,” katanya.

Fotografi udara mengalami momen, berkat semakin populernya gambar drone.

Tapi Kelley mengatakan helikopter sewaannya memberinya sudut unik yang tidak tersedia untuk pengguna drone, yang dilarang menggantung gadget mereka di atas bandara.

“Saya merasa seperti itu pengalaman yang sangat berbeda, berada di helikopter dengan pintu dimatikan, bukannya berdiri di tanah dengan pesawat tak berawak dan menekan tombol pada iPad untuk mendapatkan tembakan yang tepat,” katanya.

Kelley bermain dengan mengambil proyek di luar Amerika Serikat. “Saya ingin mendapatkan tempat yang lebih menarik seperti Afrika, di mana pesawat Soviet yang lama terbang dan melihat bagaimana itu,” katanya.

Untuk saat ini, dia sedang mempertimbangkan seri berikutnya. Itu masih belum pasti, tetapi kemungkinan akan melibatkan pesawat terbang.

“Saya benar-benar terobsesi dengan foto-foto pesawat ini, jadi saya pikir itu akan menjadi proyek lain yang berhubungan dengan penerbangan, tetapi saya masih belum mendefinisikan sebuah ide.”